Wednesday, November 22, 2006

OM... oh.. OM

Hehe... judulnya mengundang penasaran dan konotasi negatif yah. Biarin aja. Hehe.. yang penting maksudnya ngga jorok. Begini.. gue mo cerita tentang si Om yang lagi bikin gue keseeeell banget. Sebenernya yang kesel bukan cuma gue doang. Adik gue juga ikut-ikutan kesel ama si Om. Si Om yang dimaksud disini bukan Om senang ato Om-om yang berhidung belang. Tapi Si Om yang dimaksud itu adalah Om Yan. Nama lengkapnya Om Yan Lim ato nama indonya YAN KALIM. Si Om Yan ini adalah sohib bokap gue dari sejak sama-sama muda. Dulu waktu si Om masih tinggal di Palembang, si Om tuh sering banget ngobrol ama bokap ampe malem. Dan ngobrolnya seruuu banget ampe ketawa ngakak-ngakak segala. Yang pasti gue sih seneng aja kalo si Om Yan dateng ke rumah secara si Om Yan ini buka toko roti. Dan si Om Yan kalo dateng ke rumah sering banget deh bawain aneka macem roti dan kue bolu yang enak. Slurrpp...

Sebenarnya toko roti Om Yan ini cukup berhasil di Palembang. Tapi, naas waktu kerusuhan 12 Mei tahun 98 lalu, toko rotinya jadi korban amukan massa dan sempet dibakar segala. Tau kan kalo toko roti itu pasti banyak kompor gas untuk bakar roti, demikian juga pasti banyak tabung gasnya. Nah karena dibakar, tabung gasnya itu meledak ampe atap toko rotinya bolong. Kasian yah. Sebenernya menurut si Om Yan, kerugian materi sih ngga seberapa menyakitkan. Hal yang lebih menyakitkan buat keluarga Om Yan adalah anak cewenya yang bernama Erica (seumur ama cici gue dan bahkan pernah sekelas kalo ngga salah), digosipin jadi korban perkosaan gara-gara si Erica pulang ke Indo saat kerusuhan terjadi (padahal si Erica masih di Aussie, nerusin sekolahnya). Nah itu Om Yan jadi sakit hati buanget. Bisa dikatakan keluarga mereka menderita secara moril dan materiil sebagai korban kerusuhan Mei'98. Belum lagi waktu Om Yan mengurusin segala sesuatu tentang toko rotinya itu, pihak aparat dan pemerintah malah mempersulit. Jelasnya, uang dah habis banyak, tapi status toko masih juga ngga jelas alias uang ilang percuma.

Sejak kejadian itu, si Om dan keluarganya memutuskan hijrah ke Amrik, karena beliau sudah terlanjur sakit hati atas perlakuan orang Indo terhadap dirinya & keluarganya. Kebetulan 2 orang anak cowonya udah duluan disana. Jadi mereka ngumpul disana.

Nah, si Om Yan ini nunjuk bokap gue sebagai orang yang mengurusin segala asset dan propertinya. Emang sih dalam pelaksanaannya juga melibatkan keponakan si Om, tapi untuk urusan yang melibatkan uang, tabungan, safe deposit box, serta notaris dll itu dipercayakan ke bokap. Selama ini kalo si Om mau berkomunikasi dengan bokap, mengenai urusan pribadi beliau pasti si Om ngirim email melalui gue, adik gue ato cici gue dan kami akan melanjutkannya ke bokap. Demikian pula jawaban bokap akan dilanjutkan ke Om Yan soalnya bokap agak gaptek. Padahal udah diajarin main internet tapi bokap males kayanya.

Nah, beberapa bulan lalu, tepatnya bulan Juli 2006 si Om kirim email mengenai tabungan Lippo anak cowonya yang sulung (Ronald). Ceritanya, si Ronald sewaktu masih kerja di Jakarta, punya tabungan Lippo yang belum sempat ditutup waktu dia pindah ke Amrik. Nah si Om Yan ini minta tolong gue untuk narik uang sisa saldo si Ronald di bank Lippo. Padahal buku tabungan si Ronald ini ilang entah kemana. Kartu ATM udah expire dari kapan tau. KTP udah expire ga pernah diperpanjang. Trus gue telfon dong ke Bank Lippo. Ternyata segala urusan harus dilakukan di Bank Lippo cab. sawah besar tempat rekening tersebut dibuka. Trus gue coba hubungin cust. service Bank Lippo sama CS yang bernama Tasya (akhir-akhir ini gue baru tau dia ternyata Head of CS disana). Tasya menyarankan secara pribadi agar Ronald jangan bilang dia berdomisili di LN krn akan ribet urusannya. Karena akan dimintai surat dari KBRI segala. Trus kan gue jelasin dong ke Om Yan.. eh dianya ga bisa terima. Alasannya dia ngga mau bohong bla..bla.. Trus lagi kan KTPnya udah expire..gue bilang sebaiknya KTP diperpanjang dulu, eh si Om Yan nga mau alasannya cem macem. Trus kata CS Bank Lippo kalo emang KTP dah expire, yah udah pake copy passport aja..trus dilegalisir di KBRI. Pas gue sampein begitu..si Om malah ngomel-ngomel ga keruan. Katanya kalo dia harus ke KBRI yang tedekat di Chicago... dia harus keluar uang sekian-sekian untuk biaya pesawat pp, penginapan, ongkos taxi bandara-hotel-KBRI dan sebaliknya. Nah loh... gue jadi pusing. Mau ditolongin tapi dianya lebih cerewet dan keras kepala. Si Om maunya pake copy passport bisa kelar segala-galanya. Puyeng ga? Ughhhh.... Emangnya Bank Lippo itu punya kakek gue ato kakek dia yang bisa diatur2 seenak jidat? Bank Lippo kan juga punya aturan-aturan yang ga bisa dilanggar seenaknya.

Apalagi ini masalah penarikan uang yang sensitif, melalui pihak ketiga pula. Masa iya cuma bermodalkan copy passport bisa narik uang orang lain? Kalo gue jadi Bank Lippo pun mungkin gue lebih-lebih lagi...Mana percaya ama orang yang mo narik uang milik orang lain hanya bermodalkan copy passport???? Lah ntar kalo someday si empunya rekening datang mo claim uangnya, and bilang ngga kenal ama penarik uang gimana? Kusyut kan?
Pusyiiiiiiiiiingggggg.... Asli pas gue baca emailnya si Om yang terakhir yang isinya kalo dibaca banyakan ngomelnya kesannya gue sama adik gue ini bego dan ngga becus, gue rasanya keseeeeelll banget... **Emosi jiwa mode on**. Trus kan gue emang pernah bilang ama CSnya bahwa si Ronald ngga akan pernah balik lagi ke Indo makanya dia minta tolong gue untuk melakukan penarikan uang dan penutupan rekening. Eh si Om bilang gue ngarang-ngarang. Darimana gue bisa berasumsi bahwa Ronald tidak akan pernah kembali lagi ke Indo, sedangkan beliau ngga pernah bilang ke gue bahwa Ronald tidak akan pernah kembali lagi ke Indo. Ronald saat ini belum bisa kembali ke Indo. Trus dipertegas lagi, tidak bisa kembali ke Indo bukan berarti tidak akan kembali lagi ke Indo. Arghhhhhhh.....

Gue bales aja email si Om dengan sdikit galak juga. Kesabaran gue udah abis. Trus malemnya gue telfon bokap ceritain permasalahan, supaya ntar kalo si Om ngadu ke bokap gue begini-begini-begini..si bokap dah tau duduk permasalahannya and bisa belain gue pastinya. tau ngga reaksi bokap? Bokap bilang ke gue..kalo si Om itu bawel-bawel, ngga mau ikut aturan Bank, dan ngeyel, dikasih solusi malah ngebantah terus...udah aja bilang kamu ngga sanggup urusin perbankan dia. Bilang aja cari orang lain yang lebih pinter... Siip kan bokap gue??? Ya udah.. gue sih kalo udah dikasih angin dari bokap gue, bisa lebih mantap dalam melangkap. Soalnya selama ini menghadapi si Om yang kebayang selalu kata-kata bokap yang menekankan bahwa kita harus bantu si Om karena si Om itu orang yang baik. Tapi kan ternyata Time change people.

Tiba-tiba anak bontotnya si Om email gue, yg isinya minta maaf atas kata-kata bokapnya yang tidak mengenakkan. Bokapnya akhir-akhir ini emang suka marah-marah apalagi kalo ada hal-hal yang ngga berkenan di hatinya. Bokap gue nanggapin soal ini, kata bokap kalo dia mo marah-marah sama anaknya seh silahkan aja... tapi jangan marahin anak orang lain dong. Udah ditolongin malah marah-marah. xixixi..bokap gue jadi ikutan emosi jiwa.



 
posted by Fransiska Budhi at 11:35 AM, |

0 Comments: