Thursday, January 25, 2007

KISAH SI BUNGLON

Kalo ditanya demen ngga sama orang yang muna? Suka berpura-pura mengatakan yang bagus-bagus alias muji padahal jauh dari kenyataan? Hanya karna ada udang di balik batu? Aduh ngga banget deh. Bukan sifat gue banget.

Dan herannya kenapa yah orang-orang muna itu selalu ada dimana-mana? Apa mereka ngga cape kalo harus terus berpura-pura? Kalo gue sifatnya tegas. A adalah A, sedangkan B adalah B. Gue ngga terlalu suka muter-muter apalagi sampe melewati 7 tikungan, 7 tanjakan dan 7 turunan untuk mencapai suatu tujuan. Kalo langsung bisa straight to the point itu lebih bagus. Bukan berarti ngga perlu basa basi loh. Basa basi itu tetap diperlukan sebagai bahasa pergaulan tapi mbokya jangan terlalu berlebihan sehingga bikin eneg.

Kalo misal gue harus menilai sesuatu yang gue pandang jelek, gue ngga akan bilang itu lumayan ato bagus apalagi bagus banget. Ketauan banget bohongnya. Gue pasti lebih memilih diam, tidak berkomentar apapun. Kalopun harus terpaksa berkomentar seminimnya gue akan bilang hm..kurang bagus. Sebenarnya kan ngga ada bedanya sama kalo gue komentar jelek kan? Tapi kata-kata jelek kadang kurang pantas didengar.
Tapi kalo ada sesuatu hal yang bagus dan gue suka pun, gue ngga akan segan-segan memuji. Iyalah moso cuma bisa bilang yang jelek-jelek aja. Harus imbang dong.

Ada seorang temen bos gue yang hampir setiap hari berkunjung ke kantor gue. Kalo menurut gue sih orangnya aneh. Norak. Dia hanya memandang orang-orang yang kaya, berkedudukan, punya uang dan kekuasaan. Semula waktu baru mengenal doi, gue ngga berani banyak menilai tapi kian lama kian sering dia nongkrong di kantor gue makin ketauan sifat aslinya. Pokoknya keliatan banget deh dia selalu nempel sama orang-orang yang dianggap hebat, tajir dan punya kekuasaan. Kebetulan temen-temen bos gue itu suka ngumpul-ngumpul di kantor gue entah sekedar ngobrol ngalor ngidul sampai rapat serius. Kita sebut aja mereka gerombolan elit. Padahal sebenernya temen bos gue itu orang yang standard-standard aja. Lumayan tajir tapi ngga tajir-tajir amat. Bisa dibilang dia itu kaya bunglon. Kalo gerombolan elit itu pada ke tempat A, dia ngikut ngga mo ketinggalan walopun dia ngga ada kepentingannya, kalo gerombolan elit pada beli mobil jenis X, dia ikut-ikutan beli. Kalo gerombolan elit pada jalan-jalan ke LN ikut tur, wah dia ngga mo ketinggalan. Dan caranya dia ngikut-ngikut itu nyata banget deh. Kadang gue suka geli sendiri ngeliat tingkah dia.

Gue pernah loh kesandung sedikit masalah sama si Bunglon ini. Ceritanya sekitar 3 tahun lalu, waktu bos gue dan gerombolan elitnya itu mengikuti medical check up di salah satu medical Centre di KL, ceritanya si Bunglon ngga mo kalah. Dia ajak pula istrinya turut serta. Kalo ngga salah ada sekitar 14 orang yang mengikuti Medical Check up itu. Rata-rata bos-bos gue, temen bos gue yang mengajak serta istri mereka. Nah waktu itu gue yang handle semua travel arrangementnya dari booking waktu general check up, booking ticket, hotel, arrange antar jemput dll. Pokoknya ribeeet bet. Nah para gerombolan elit ini minta akomodasi yang ga terlalu mahal. Hehe..biar pada kaya ngirit mah teteup.. Paling ribet deh urusan sama gerombolan elit. Maunya yang oke, murah tapi berkelas. Bingung ga loe? Mereka minta pesawat SQ, padahal kan tau sendiri SQ gitu loh... Untung aja waktu itu ada paket yang lumayan murah dari SQ. Namanya paket GV2 dan GV 4. GV2 adalah paket berangkat berdua bersama-sama baik pergi maupun pulang. Sedangkan GV4 minimum 4 orang. Dan biasalah namanya paket murah pastilah banyak syarat dan kondisi yang kurang flexible. Nah ceritanya sebelum gue issue tiket, gue dah paparin ke gerombolan elit itu syarat dan kondisinya. Dan mereka oke-oke aja. Saat itu juga gue jelasin bahwa paket GV 4 lebih murah daripd paket GV2. Dan paket GV2 jelas lebih murah daripada regular ticket price. Nah waktu itu si Bunglon sepakat dia dan istrinya ikut GV2 karena mereka mo transit di Singapore, sementara rombongan lain ngga ada yang transit di S'pore. Jadilah si Bunglon sama istrinya cuma bisa dimasukin di GV2. Tapi pas udah diisue, si Bunglon komplain soal harga tiketnya yang beda ama teman-teman lainnya yang ikut paket GV4. yah jelaslah beda gimana seh? Yang lain kan Paket berempat traveling together all the way, ga boleh satupun yang beda. Jadi kalo satu mo ganti yang bertiga lainnya kudu harus ngikut. Repooot kan? Nah waktu itu kalo ngga salah beda harga GV2 sama GV4 selisih ampe USD 20. Si Bunglon komplain melulu..dah gue jelasin, ampe bos gue ikut jelasin teteup ga mo terima..Cape deh eke.

Pas hari H, eh Si Bunglon kecentilan pula, dia mo pulang duluan dari S'pore ngga barengan bininya. Aduuuhhh...ngerepotin deh. Padahal dari awal dah gue jelasin bahwa dia udah ikut paket GV2 dan ga bisa ganti seenak dia. Eh dia marah2. Arghhhh... Akhirnya pas mereka udah di KL, si Bunglon masih nelfon gue marah2, bos gue ampe pusing secara bos gue sebenernya dah ngerti kondisi yang gue jelasin, tapi namanya bos gue kan pasti nyoba nyenengin hati temennya jadilah gue yang dibikin pusing karena dipaksa merubah GV2 itu tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Gue contact travel agent mereka angkat tangan, karena emang dah peraturannya begitu. Kalopun mau ganti si Bunglon kudu harus bayar denda sejumlah uang eh si Bunglon ngotot ngga mau plus marah-marah. Pake bilang kalo pake travel agent langganan dia pasti ga begini dll. Ih keki deh dah diurusin banyak cincong pula. Emang yang bikin peraturan travel agent apa???? Orang jelas-jelas itu peraturan baku dari airlines. :( Gue contact ke SQ pun mereka menjawab hal serupa. No way out.

Sepulang gerombolan elit dari KL, si Bunglon mungkin diomelin sama bos gue kali, dia bisa minta maaf soalnya bos gue tau gue pake acara nangis-nangis segala waktu diomelin ama si Bunglon. Mungkin bos gue khawatir tiba-tiba mereka balik ke Indo guenya dah menghilang tanpa jejak. Jin kaleee..hehe... Pas si Bunglon say sorry gue pasang xpresi cool kaya AC 2 PK dalam ruangan 1x1m. Hehe

Sejak kejadian itu gue males banget berurusan sama si Bunglon. Sesekali dia masih suka berbasa-basi sama gue kalo ada maunya. Wah kalo ada maunya bisa jadi baiiiik banget. Muji-muji yang ga perlu. Dasar bunglon.














 
posted by Fransiska Budhi at 12:49 PM, |

0 Comments: