Tuesday, January 23, 2007

MENDOAKAN ORANG YANG MEMBENCI KITA

Duluuu banget, gue tiap kali baca kitab suci atau denger khotbah yang ada ayatnya bahwa kita harus memaafkan orang yang sudah membenci kita bahkan sebaiknya kita mendoakan mereka. Aduh rasanya hati ini ngga bisa terima deh. Logikanya kan, lah orangnya aja ngeselin ...ngejengkelin, benci pula sama kita ngapain pula dimaafkan didoakan pula? Enak bangetttt jadi mereka.. Ngga dipisuh2 juga dah bagus kale...

Sering juga kalo nonton Sinetron yang ada orang baik ampe ditindas, dianiaya semena-mena ama orang jahat duh hati ini ikutan gemes..Pingin rasanya ngegampar tuh orang jahat and maki si orang baik supaya ngga bodoh, lawan dong..lawan... jangan diem aja and nangis doang.. Ngaa ada gunanya...

Tapi itu duluuu, sekarang gue dah berubah pikiran. Mungkin ini berarti gue mulai mengalami pendewasaan emosi dan iman. Udah beberapa kali gue dibikin kesel sama seseorang, dipermalukan, ngga dianggap tapi gue dah berusaha menekan perasaan benci itu dalam-dalam. Kadang ego gue keluar duh pengen gue begini..begitu..ga terima diperlakukan semena-mena tapi apa daya, mengalah bukan berarti kalah. Yesus ngga pernah tidur..beliau selalu melihat apa yang kita buat, itu skrg prinsip gue. Terserah deh orang mo bilang gue sok suci ato apa, yang jelas gue bukan mo muna ato sok suci tapi itu datang dari lubuk hati gue yang terdalam.

Ceritanya begini, di postingan yang terdahulu, yang gue sempet cerita diomelin-omelin sama seseorang yang bukan kesalahan gue, gue dah maafin dia dan gue anggap dia khilaf. The case closed. Ternyata dia kayanya masih nyimpen ganjalan sama gue. Aneh yah. Kok gue yang harusnya kesel dan gondok sama dia, malah dia yang lebih kesel ma gue? Oh my god..
Emang siy sejak kasus itu, gue berusaha ngga sering ketemu dia, dengan kata lain menghindar deh dari dia. Gue ngga mau memperpanjang masalah. Malesss...

Nah sejak kejadian itu ada 3 kali bisa dikatakan gue sempet ketemu sama dia. Dan gue amat sangat ngerasain sifatnya beda banget sama dulu. Sabtu kemarin dia ke rumah pinjem barang, main ambil aja seakan itu barang milik dia. Dia cuma bilang dia mo ajak anak gue yang kecil plus susternya. Gue okein aja. Trus pas balikin pun ngga bilang A, B, C, D ato Z apalgi ucapin terima kasih.

Kemarin dia seharian pinjem lagi, malemnya karena Jace lg sakit, dia kesadaran balikin tapi berhubung ngga ada hubby dia samsek ngga ada bilang apa-apa ke gue. Pliss deh kalo mo egois, itu barang belinya hasil patungan gue sama hubby yang artinya milik gue juga, bukan 100% milik hubby. It means siapapun mo pake tuh barang harus ijin dong sama gue. Tul ga? Tapi sodara-sodara, ternyata itu ngga berlaku buat dia. Boro-boro sadar itu barang milik gue ato hubby lahorang dia serasa itu barang kayanya punya dia pribadi.

Semalam sebelum tidur, hati gue masih gundah gulana, kayanya ngga enak kalo tidur menyimpan rasa kesal, gue coba buka buku Puji Syukur, dan Madah Bakti, cari doa untuk orang yang membenci kita. Pas gue lakuin ini hati jadi tenang, rasa kesal di hati sedikit demi sedikit menghilang. Gue mulai mencoba mengingat-ingat kebaikan dia aja, ngga mo inget keburukan-keburukannya dia supaya rasa kesal ngga meningkat jadi benci. Pliss help me...

Bapa, bukalah hati orang-orang yang membenci saya dan tanamkanlah kasih di dalam hati mereka. Amin. Doa yang sederhana tapi bikin hati gue lebih adem dan tenang.







 
posted by Fransiska Budhi at 10:06 AM, |

0 Comments: